Selasa, 10 November 2015

Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol baik atau HDL

Cara sederhana untuk meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL)
Pikiran pertama yang melintasi pikiran siapa pun, setelah mereka mengetahui bahwa mereka memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka mereka akan mencari segala cara untuk menguranginya secara alami. Meskipun benar bahwa kolesterol jahat atau LDL memang harus dikurangi, namun tingkat HDL yang rendah malahan dapat menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung. Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan kadar kolesterol baik / HDL:

lemak tidak sehat
1. Hindari lemak tidak sehat: Lemak jenuh dan lemak trans adalah hal yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda, dan menurunkan kadar HDL Anda. Setiap kali Anda membeli makanan kemasan, periksa label nutrisi dan pilihlah makanan yang rendah lemak tidak sehat. Semua produk karbohidrat olahan atau produk olahan tepung seperti roti, biskuit, dan kue kering kaya akan lemak tidak sehat sehingga sebaiknya jangan konsumsi sering-sering. Sebagai gantinya pilihlah makanan yang mengandung  asam lemak omega-3. Ataupun memasak dengan menggunakan minyak minyak canola dan zaitun.

2. Berolahraga secara teratur: Latihan adalah kunci untuk setiap gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup, baik itu penyakit jantung atau diabetes. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dan latihan kekuatan memiliki dampak positif pada tingkat HDL dalam darah. Hal ini terutama jelas dalam kasus wanita gemuk yang mengikuti gaya hidup sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan (3 kali seminggu) meningkat kolesterol baik atau HDL sebesar 15 persen pada wanita tersebut.

3. Makanan peningkat HDL : Ada berbagai makanan alami yang telah secara ilmiah terbukti meningkatkan kolesterol HDL. Beberapa dari mereka termasuk kacang-kacangan, gandum, bawang putih dan buah-buahan seperti cranberry. Sebagian besar makanan meningkatkan HDL memiliki lemak tak jenuh atau mengandung antioksidan yang memberikan mereka kemampuan untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

4. Berhenti merokok: Mereka yang merokok selalu pada risiko lebih besar terkena penyakit jantung, karena peningkatan kadar kolesterol. Sebuah studi oleh Forey BA dan koleganya menunjukkan bahwa peserta yang berhenti merokok mengalami peningkatan yang signifikan dalam kolesterol baik / HDL.

5. Minum alkohol dalam jumlah terbatas: Alasan mengapa para ahli merekomendasikan asupan moderat alkohol karena tidak benar-benar buruk bagi kesehatan Anda, terutama pada orang dengan kolesterol tinggi. Asupan terbatas bir atau anggur benar-benar dapat meningkatkan HDL Anda, sebesar 17 persen. Tapi ingat jangan minum secara berlebihan karena malah akan memperburuk kesehatan Anda.

Baca juga: Obat Tradisional Kolesterol yang Ampuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar